Mengapa Payudara Terasa Memar Dan Sakit Ketika Asi Tidak Lancar Keluar

Mengapa Payudara Terasa Memar Dan Sakit Ketika Asi Tidak Lancar Keluar – Masalah yang dialami olah ibu menyusui terbilang banyak, dari Asi yang tersumbat, Asi yang terlalu banyak keluar bahkan adanya rasa sakit pada payudara. Hal ini bisanya disebabkan keran gigitan bayi saat menyusui terlalu kencang sehingga membekas menjadi luka. Selain itu ada yang diakibatkan keran terlalu menumpuknya Asi. Nah, karena itu kami akan mengulasnya secara singkat apa saja alasan mengapa payudara terasa memar dan sakit ketika Asi tidak lancar keluar? Pada artikel ini kami akan membahasnya untuk itu Anda bisa menyimaknya hingga akhir.

Mengapa Payudara Terasa Memar Dan Sakit Ketika Asi Tidak Lancar Keluar

Mengapa Payudara Terasa Memar Dan Sakit Ketika Asi Tidak Lancar Keluar

Dibawah ini merupakan beberapa alasan mengapa payudara terasa memar dan sakit ketika Asi tidak lancar keluar yang bisa Anda ketahui Bun. Adapun beberapa penyebab payudara memar dan sakit ketika Ais tidak lancar sebagai berikut ini:

Payudara Yang Tersumbat

Alasan mengapa payudara terasa memar dan sakit ketika Asi tidak lancar keluar yang pertama adalah payudara Anda tersumbat. Nah, penyumbatan payudara ini biasanya akibat dari kotoran yang berada di area puting jadi Asi yang keluar tidak lancar. Ada baiknya Anda membersihkan payudara secara rutin menggunakan handuk dan air hangat. Utamakan untuk membersihkan bagian puting yah Bun agar tidak ada kotoran yang menyumbat jalan keluarnya Asi.

  Berapa Lamakah Asi Ibu Bertahan

Adanya Pembengkakan Pada Payudara

Adanya pembengkakan pada payudara juga menjadi salah satu alasan mengapa payudara terasa memar dan sakit ketika Asi tidak lancar keluar. Ini dikarenakan produksi Asi yang terus menerus menumpuk dan tidak dapat keluar menimbulkan adanya pembengkakan. Payudara yang bengkak ini lah menjadi salah satu penyebab adanya rasa sakit. Jadi ada baiknya Anda memompa Asi agar payudara tidak menumpuk. Untuk memompa Anda bisa menggunakan alat pompa maupun memerah secara manual. Jangan lupa melakukan dengan cara yang benar dan pastikan Asi tetap steril yah Bun. Karena Asi yang nantinya Anda perah bisa menjadi persediaan jika ingin menyusui bayi nantinya.

Adanya Luka Pada Puting

Alasan mengapa payudara terasa memar dan sakit ketika Asi tidak lancar keluar juga bisa diakibatkan adanya luka pada puting. Nah, luka ini terjadi karena mungkin bayi Anda terlalu keras saat menggigitnya jadi akan menimbulkan luka. Untuk Asi yang tidak lancar keluarnya bisa sakit dan perih apalagi saat Asi keluarnya sangat lancar pasti akan lebih perih lagi.

  Bagaimana Cara Memperbanyak ASI Perah? Berikut Beberapa Caranya

Untuk mengatasi gigitan bayi ini Anda bisa menekan hidungnya selama 1 detik agar gigitan terlepas. Atau mungkin menggunakan jari kelingking yang dimasukkan kedalam sela-sela gigitan bayi agar bisa terlepas. Hal yang satu ini merupakan salah satu cara efektif agar puting Anda tidak terluka Bun.

Nah, itulah beberapa alasan dan penyebab mengapa payudara terasa memar dan sakit ketika Asi tidak lancar keluar yang bisa Anda ketahui Bun. Memang untuk cara mengatasi payudara yang sakit sangat mudah seperti mengurangi Asi akibat dari pembengkakan dengan memompa Asinya dan dengan cara mengompres menggunakan handuk dan air hangat. Namun Ada baiknya Anda mencegah setiap saat agar payudara tidak terasa memar dan juga sakit dengan memompanya secara rutin. Semoga dapat bermanfaat untuk Anda 🙂

Ummi Hilma
Mau Konsul / Order / Tanya Tanya Pelancar ASI
Buat Bunda Yang Ingin Pesan Produknya silahkan Chat dengan Saya
🙂 SMS/ WA : 0853 1599 3116
🙂 PIN BB :
7CDCA301

Baca Juga