Apakah Ibu Menyususi Boleh Donor Darah

Ibu Menyusui Boleh Donor Darah – Tentu saja ibu yang baru melahirkan akan membutuhkan kualitas dan kuantitas ASI yang sangat banyak agar pertumbuhan bayi tetap sehat. Namun, terkadang seorang ibu yang sedang menyusui ingin sekali mendonorkan darahnya. Dan untuk ibu yang ingin mendonorkan darahnya tentu memiliki beberapa kriteria di dalamnya sehingga aman. Jika Anda ingin donor darah maka ada baiknya Anda simak ulasan singkatnya berikut ini!

Ibu Menyususi Boleh Donor Darah

Ibu Menyususi Boleh Donor Darah

Di bawah ini kami akan memberikan ulasan singkat seputar apakah ibu menyusui boleh donor darah? Hal tersebut bisa Anda temukan jawabannya dan wajib Anda ketahui. Adapun beberapa hal tersebut diantaranya:

Perhatikan Terlebih Dahulu Kondisi Tubuh Anda

Memang donor darah merupakan hal yang sangat biasa dilakukan oleh semua orang, dengan adanya proses donor darah tersebut tentu saja banyak membantu dan menolong semua orang yang membutuhkan. Namun, jika Anda ingin sekali mendonorkan darah Anda apalagi Anda sedang menyusui maka ada baiknya Anda perhatikan terlebih dahulu apakah Anda sudah bisa dan cocok untuk mendonorkan darah Anda. Kemungkinan hal yang akan terjadi saat Anda mendonorkan darah Anda diwaktu yang tidak tepat tentu saja mengakibatkan darah tersebut terbuang percuma.

Dengan mengetahui kondisi tubuh Anda yang sehat dan juga fit maka ibu menyusui bisa melakukan donor darah. Sebab jika si ibu yang kondisi badannya tidak fit akan menyebabkan anemia pada ibu sekaligus dapat berpengaruh pada kondisi bayi Anda. Maka ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu apakah ibu menyusui boleh donor darah atau tidak boleh.

  Faktor Kebahagiaan Ibu dalam Menyusui

Jangan Lupa Periksa Kadar HB Dan Juga Hematokrit

Sebelum Anda melangkah untuk mendonorkan darah Anda tentunya akan diperiksa terlebih dahulu apakah Anda pantas atau tidak untuk melakukan proses donor darah secara tepat. Dengan cara tersebut tentu saja akan ada keputusan apakah Anda sudah bisa donor darah walaupun menyusui atau belum dan bisa mengetahui apakah si ibu menderita penyakit anemia atau tidak. Jika Anda menderita penyakit anemia maka akan menyebabkan si bayi juga mengalami gangguan kesehatan nantinya. Maka ada baiknya periksa kadar Hb dan juga Hematokrit terlebih dahulu untuk ibu menyusui boleh donor darah atau tidak.

Coba Makan Makanan Sehat

Mungkin dengan Anda rajin mengkonsumsi makanan yang sehat dan juga bergizi akan mempercepat proses pertahanan pada tubuh Anda. Dan hal tersebut artinya Anda bisa dengan mudah melakukan donor darah jika tubuh Anda mulai stabil. Makanan menjadi bagian terpenting bagi kesehatan tubuh, bukan hanya pada ibu menyusui saja. untuk ibu menyusui yang ingin mendonorkan darahnya, maka ada baiknya sebelum mendonorkan darah, lebih baik makan makanan yang bergizi dan bisa menambah darah Anda.

  Cara Mengatasi Menyusui bayi Payudara Sakit

Sehingga Anda tidak akan mengalami yang namanya Anemia dan badan menjadi lemas sesudah donor darah. Hal tersebut menyatakan jika ibu menyusui boleh donor darah dikarenakan ASI Ekslusif menjadi makanan yang penting bagi bayi dan untuk menjaga pertumbuhan bayi.

Ada Baiknya Anda Tidur Cukup

Coba Anda perhatikan pola istirahat Anda dengan menganjurkan tidur minimal 6-8 jam setiap harinya. Apalagi untuk ibu menyusui yang ingin mendonorkan darahnya maka usahakan untuk tidur secara cukup. Dengan adanya keteraturan tersebut maka akan sangat aman untuk ibu mendonorkan darahnya karena istirahat yang cukup akan membuat badan Anda menjadi fit. Dan tentunya ibu menyusui boleh donor darah.

Baca juga: Ibu Menyusui Haid Tidak Teratur, Kenapa Bisa?

Itulah beberapa hal mengenai ibu menyusui boleh donor darah yang nantinya bisa Anda lakukan setelah mengetahui beberapa hal seperti di atas. Semoga bermanfaat πŸ™‚

Ummi Hilma
Mau Konsul / Order / Tanya Tanya Pelancar ASI
Buat Bunda Yang Ingin Pesan Produknya silahkan Chat dengan Saya
πŸ™‚ SMS/ WA : 0853 1599 3116
πŸ™‚ PIN BB :
7CDCA301

Baca Juga