X
    Categories: Ibu Menyusui

Ibu Menyusui Puasa Bayi Mencret

Ibu Menyusui Puasa Bayi Mencret – Berpuasa merupakan hal yang sangat wajib untuk dilakukan, begitu pula dengan ibu menyusui yang ingin sekali memenuhi perintah Allah SWT tersebut. namun, hal tersebut akan terhalang jika Anda masih saja dalam proses menyusui buah hati. Allah tidak melarang Anda untuk tidak berpuasa selama Anda menyusui dikarenakan bisa diganti lain waktu. Jika Anda masih ingin berpuasa dalam keadaan menyusui ada baiknya Anda segera menyimak ulasan singkatnya berikut ini!

Ibu Menyusui Puasa Bayi Mencret

Di bawah ini kami akan memberikan ulasan singkat seputar mengapa ibu menyusui puasa bayi mencret dengan memberikan beberapa hal yang wajib Anda pahami dan ketahui. Adapun beberapa hal tersebut diantaranya:

Daya Tahan Tubuh Tidak Kuat

Mungkin bagi Anda seorang ibu akan tetap melaksanakan puasa di bulan Ramadhan, dan apakah hal tersebut tindakan yang sudah tepat bagi bunda? Bukannya enggan berpuasa, akan tetapi terdapat beberapa hal yang nantinya akan menjadikan si bayi menjadi sakit saat Anda menyusui ketika puasa. Tentu saja bayi akan mencret jika meminum ASI dari ibu yang berpuasa. Dengan beragam cara yang akan mengantisipasi ibu menyusui untuk tidak menjadikan bayi Anda mencret meskipu Anda berpuasa. Maka ada baiknya Anda mengerti beberapa hal.

Mencretnya bayi tentu saja menjadikan perut bayi kurang nyaman akan ASI yang dia minum dan mengakibatkan diare. Jika proses tersebut dilakukan secara terus menerus tentu saja bayi akan mengalami diare parah. Hal tersebut dikarenakan daya tahan ibu tidak benar-benar kuat saat berpuasa sambil menyusui. Dan hal tersebut tentu akan mengganggu pola makan Anda sehingga Nutrisi yang ada di ASI kurang baik dan mengakibatkan ibu menyusui puasa bayi mencret secara terus-menerus.

Kondisi Ibu Sangat Berpengaruh Bagi ASI

Ibu yang menyusui di bulan puasa tentunya sangat berpengaruh terhadap kondisi kesehatannya terutama untuk ASI yang akan diberikan kepada si bayi. Hal tersebut tentunya sangat berkaitan dengan pola makan dan terlalu mengalami dehidrasi sehingga cairan yang ada di tubuh ibu akan menyurut sama dengan Nutrisi ASI nya. Maka dari itu si ibu yang sedang menyusui dianjurkan untuk tidak berpuasa saat sedang menyusui bayi berusia 0-6 bulan dikarenakan ibu menyusui bayi secara rutin setiap 2-3 jam per hari.

Bayi akan sangat membutuhkan ASI eklusif sampai 6 bulan yang merupakan sumber energi dan juga gizi bagi tumbuh kembang si bayi. Jika ibu menyusui tetap saja ingin memutuskan berpuasa maka ada baiknya ibu mempertimbangkan terlebih dahulu beberapa hal yang harus di lakukan terlebih dahulu sebelum ibu menyusui puasa bayi mencret.

  1. Ada baiknya bagi ibu menyusui yang akan menjalankan puasa untuk melakukan makan 3 kali sehari, tepatny a pada saat sahur, buka puasa, dan juga tarawih. Dengan menyediakan buah dan juga sayur pada saat sahur dan berbuka puasa akan menolong nutrisi di tubuh Anda. Makanlah makanan yang mengandung zat gizi, protein, vitamin, mineral dan berbagai asupan yang penting bagi ibu menyusui
  2. Ibu menyusui puasa bayi mencret bisa diatasi dengan istirahat yang cukup untuk mengurangi rasa lemas dan juga lesu pada tubuh Anda. Anda juga bisa melakukan dengan cara tidur atau menenangkan pikiran dan berfikir secara positif.
  3. Perbanyak minum air putih dan buah kurma untuk mencegah dehidrasi saat berpuasa dan menjaga kesehatan tubuh si ibu. Dan untuk kurma sendiri sangat bagus menjaga daya tahan dan tumbuh kembang ibu.

Baca juga: Ibu Menyusui Makan Makanan Pedas, Boleh Kah?

Itulah beberapa hal mengenai ibu menyusui puasa bayi mencret yang nantinya bisa Anda ketahui dan pelajari lebih lanjut agar tidak menyebabkan bayi Anda mencret. Semoga bermanfaat 🙂

Mau Konsul / Order / Tanya Tanya Pelancar ASI
Buat Bunda Yang Ingin Pesan Produknya silahkan Chat dengan Saya
🙂 SMS/ WA : 0853 1599 3116
🙂 PIN BB :
7CDCA301

Baca Juga