X
    Categories: Ibu Menyusui

Ibu Menyusui Boleh Donor Darah

Ibu menyusui boleh donor darah – ibu yang telah melahirkan tentu saja membutuhkan kuantitas asi yang banyak, agar pertumbuhan bayi tetap sehat. Namun terkadang ibu yang sedang menyusui ingin mendonorkan darahnya. Untuk ibu yang menyusui tidak harus mendonorkan darahnya, sebab memang ada kriteria tersendiri untuk seseorang yang ingin mendonorkan darah. Kriterianya seseorang yang sudah berusia 17 hingga 65 tahun, berat badan minimal 45 kg, tekanan darah sitole 100-170, serta hemoglobin 12,5 g/dl.

Ibu yang menyusui merupakan ibu yang memberikan asi ekslusif yang di gunakan untuk memenuhi asupan makanan bagi buah hatinya. Sehingga kualitas asi tergantung dari kondisi kesehatan ibu. Untuk itu apakah ibu menyusui boleh donor darah. padahal apabila ibu kekurangan darah tentu saja akan menyebabkan gangguan kesehatan pada bayi. Nah, untuk mengetahui lebih lanjut bagaimana cara agar ibu menyusui boleh donor darah. simak ulasan berikut ini!

Ibu menyusui boleh donor darah

Di bawah ini ada beberapa cara agar ibu menyusui boleh donor darah yang bisa Anda coba, sehingga Anda bisa membantu sekaligus menjaga kesehatan bayi Anda. adapun caranya diantaranya:

Memperhatikan kondisi tubuh

Cara yang pertama agar ibu menyusui boleh donor darah yaitu dengan memperhatikan kondisi tubuh. Kondisi tubuh dimaksutkan kondisi badan yang fit dan sehat. Dengan demikian ibu bisa melakukan donor darah, sebab apabila ibu yang kondisi badannya tidak fit. Maka akan menyebabkan anemia pada ibu, sekaligus dapat berpengaruh pada kondisi bayi.

Tidur yang cukup

Cara yang selanjutnya dengan memperhatikan tidur yang cukup. Anjuran tidur minimal 6-8 jam setiap hari memang sangat dianjurkan. Begitu juga pada ibu menyusui, bagi ibu yang ingin mendonorkan darah. Lebih baik atau usahakan untuk tidur cukup atau istirahat dengan cukup. Dengan demikian sangat aman untuk ibu mendonorkan darah. Karena dengan istirahat yang cukup akan membuat badan menjadi segar.

Makanan yang sehat dan bergizi

Makanan menjadi bagian terpenting bagi kesehatan tubuh bukan hanya pada ibu menyusui. Untuk ibu menyusui yang ingin mendonorkan darah, lebih baik sebelum mendonorkan darah diusahakan untuk makan-makanan yang bergizi dan bisa menambah darah Anda. sehingga Anda tidak akan mengalami anemia dan badan menjadi lemas. Sebab asi ekslusif menjadi makanan yang penting bagi bayi dan untuk menunjang pertumbuhan bayi.

Memeriksakan kadar Hb dan Hematokrit

Cara agar ibu menyusui boleh donor darah yang terakhir yaitu memeriksakan kadar Hb dan Hematokrit. Hal ini dilakukan agar mengetahui apakah ibu yang sedang menyusui tidak menderita penyakit anemia atau tidak. Sebab apabila ibu mengalami anemia maka akan menyebabkan bayi juga mengalami gangguan kesehatan.

Nah, itulah beberapa cara agar ibu menyusui boleh donor darah yang bisa Anda coba, agar ibu menyusui tetap bisa mendonorkan darah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Mau Konsul / Order / Tanya Tanya Pelancar ASI
Buat Bunda Yang Ingin Pesan Produknya silahkan Chat dengan Saya
🙂 SMS/ WA : 0853 1599 3116
🙂 PIN BB :
7CDCA301

Baca Juga