X
    Categories: Cara Menyimpan Asi

Cara Menyimpan Asi Di Kulkas dengan Tepat

Cara menyimpan asi di kulkas – bagi ibu yang bekerja dan punya kesibukan lain menyimpan asi menjadi alternatif yang baik. Menyimpan asi ternyata tidak segampang menyimpan sayuran. Apabila asi tidak di simpan dengan baik maka saat dikonsumsi asi akan basi. Bahkan hingga tumbuhnya bakteri dan virus yang tentunya sangat berbahaya bagi tubuh anak. Tempat menyimpan asi yang paling baik yaitu di kulkas. Namun tetap saja meskipun baik harus tetap  memperhatikan cara yang tepat.

Cara menyimpan asi di kulkas yang sering dilakukan oleh ibu ternyata salah. Ibu biasanya menyimpannya di frezzer. Menaruh susu di frezzer ternyata dapat membuat kandungan nutrisi pada asi dapat rusak. Hal ini di sebabkan suhu yang terlalu dingin pada frezzer. Lalu bagaimana cara menyimpan asi di kulkas yang benar. Dengan membaca ulasan singkat ini Anda akan mengetahui cara yang tepat. Simak ulasan berikut ini!

Cara Menyimpan Asi Di Kulkas dengan Tepat

Di bawah ini ada cara menyimpan asi di kulkas dengan benar  yang dapat Anda coba. Adapun caranya antara lain:

  1. Cara menyimpan asi di kulkas yang pertama ialah botol penyimpan asi atau plastik di berisi label berupa tanda yang meliputi tanggal pemerahan susu. Dengan demikian susu yang di simpan tidak terlalu lama karena dapat mnyebabkan susu basi. Jangan lupa selalu menutup rapat botol agar kesegaran asi tetap terjaga.
  2. Menggunakan wadah yang sesuai dengan kebutuhan asi bayi Anda. jangan menyimpan asi terlalu banyak karena akan menyebabkan susu cepat basi.
  3. Jangan mengisi penuh wadah penampung asi atau botol asi. Sebab apabila terlalu penuh maka saat asi akan memuai saat membeku dapat menyebabkan botol hingga terbuka. Sisakan kurang lebih ¼ bagian kosong.
  4. Jangan meletakkan botol asi di pintu kulkas. Sebab biasanya kulkas sering dibuka maka akan berpengaruh pada kualitas asi. Perubahan suhu yang mendadaklah yang menjadi penyebabnya. Maka usahakan menyimpan botol asi di kulkas bagian dalam.
  5. Cara yang selanjutnya dengan memperhatikan tata letak botol asi. Hal ini dilakukan untuk mempermudah saat pengambilan asi yang sudah masuk dahulu ke dalam kulkas. Ibu dapat menggunakan prinsip first in first out (FIFO) atau yang pertama masuk pertama yang keluar. Dengan demikian pemberian asi dapat tepat sesuai dengan saat pemerahan.
  6. Cara menyimpan asi di kulkas yang terakhir yaitu biasakan untuk membersihkan kulkas. Kondisi kulkas yang bersih dapat membuat ketahanan asi dapat meningkat. Misalkan biasanya asi hanya mampu bertahan 3 hari. Namun apabila kondisi kulkas bersih asi dapat bertahan hingga 6-8 hari.

Nah, itulah beberapa cara menyimpan asi di kulkas yang dapat Anda terapkan untuk menyimpan asi untuk buah hati Anda. semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Mau Konsul / Order / Tanya Tanya Pelancar ASI
Buat Bunda Yang Ingin Pesan Produknya silahkan Chat dengan Saya
🙂 SMS/ WA : 0853 1599 3116
🙂 PIN BB :
7CDCA301

Baca Juga