X
    Categories: Cara Menyimpan Asi

4 Cara Menyimpan Asi Agar Tidak Cepat Basi

Cara menyimpan asi agar tidak cepat basi – Asi merupakan makanan terpenting yang dikonsumsi bayi. Asi eksklusif sangat memperngaruhi tumbuh kembang bayi. Pemberian asi dilakukan secara ruitn dan berkala agar kesehatan anak semakin sehat. Pemberian asi ekslusif ternyata dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak menjadi lebih baik. Namun ada saja ibu yang masih bekerja setelah pasca melahirkan. Padahal anak sangat  membutuhkan asi ekslusif. Cara terbaiknya dengan menyimpan asi. Menyimpan asi harus sesuai dengan cara yang tepat agar asi tidak cepat basi atau akan lebih awet.

Cara menyimpan asi agar tidak cepat basi dilakukan dengan menyimpan dengan benar, dan tidak mengurangi kualitas dari asi. Ini yang menjadi bagian terpenting saat menyimpan asi. Sebab asi memiliki banyak kandungan yang dibutuhkan untuk membantu tumbuh kembang anak. Lalu bagaimana cara meyimpan asi agar tidak cepat basi yang dapat dillakukan. Dengan membaca ulasan singkat di bawah ini!

Cara menyimpan asi agar tidak cepat basi dijamin ampuh

Di bawah ini ada beberpa cara menyimpan asi agar tidak cepat basi yag dapt dilakukan oleh seorang ibu yang bekerja. Adapun cara yang harus dilakukan diantaranya:

Menjaga media tetap bersih dan steril

cara menyimpan asi agar tidak cepat basi  yang pertama ialah menjaga media tetap bersih dan steril menjadi bagian terpenting untuk menyimpan asi dengan baik. Ketika asi diambil dengan cara dipompa atau tangan, hindari bersentuhan dengan asi. Hal ini dilakukan agar kandungan nutrisi pada susu tidak terkontaminasi oleh apapun. Semua yang berhubungan dengan tempat asi atu pompa susu harus tetap dijaga kesbersihannya.

Jumlah asi

Cara yang kedua berhubungan dengan jumlah asi. Usahakan jangan menyimpan asi terlalu banyak. Apabila menyimpan terlalu banyak resiko cepat basi akan terjadi. Biasakan menyimpan susu dengan jumlah sama yang biasa diminum dalam satu hari oleh bayi. Dengan demikian akan mengurangi resiko asi cepat basi.

Gunakan botol penyimpan atau plastik asi

Banyak hal yang harus di perhatikan dalam memilih tempat untuk asi. Usahakan menggunakan jenis botol susu dengan bahan plastik  yang ringan dengan tutup rapat. Hal ini dilakukan penggunaan bahan plastik akan mempertahankan kesegaran asi. Untuk menyimpan asi dalam botol pilih jenis botol plastik yang tidak mengandung bahan BPA atau BPA free. Apabila tidak menemukan botol plastik dengan bahan BPA free. Anda bisa menggunakan kantong plastik khusus untuk menyimpan asi.

Tempat penyimpanan asi

cara menyimpan asi agar tidak cepat basi  yang terakhir yaitu tempat penyimpanan asi menjadi hal terpenting untuk menyimpan asi agar tdak basi. Tempat penyimpanan asi sangat menentukan apakah asi tersebut masih bisa digunakan. Tempat menyimpan asi yang tidak cocok akan membuat kandungan asi berkurang bahkan hingga rusak. Tempat menyimpan asi yang paling baik yaitu menaruhnya di lemari es. Lemari es dengan suhu kurang dari 4 derajat Celcius dapat menyimpan asi dalam waktu 5 hari. Jika suhu lebih dari itu asi bisa digunakan dalam waktu 3 hari. Tempat meletakkan asi di tempatkan di rak-rak bukan di pintu lemari es.

Nah, itulah tadi beberapa cara menyimpan asi agar tidak cepat basi yang bisa Anda praktikkan dirumah. Sehingga kebutuhan anak akan asi dapat terpenuhi. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Mau Konsul / Order / Tanya Tanya Pelancar ASI
Buat Bunda Yang Ingin Pesan Produknya silahkan Chat dengan Saya
🙂 SMS/ WA : 0853 1599 3116
🙂 PIN BB :
7CDCA301

Baca Juga