3 Cara Menyimpan Asi Agar Tetap Steril

Cara Menyimpan Asi Agar Tetap Steril – Asi benar-benar haruslah di berikan pada bayi. Hal ini dikarenakan bayi yang mendapatkan susu dari ibunya akan memberikan kekebalan pada bayi. Berbeda dengan susu formula, maka dari itu ibu bagaimana pun caranya dan sesibuk apapun harus memberikan Asi pada bayi.

Nah, terkadang ibu menyusui yang sibuk maupun  wanita karir lainnya akan memerah Asinya kemudian diletakkan pada freezer untuk mencukupi bayinya selagi mereka meninggalkannya. Namun terkadang cara menyimpan Asi yang salah membuat susu tersebut tidak steril dan terjangkit bakteri. Lalu, bagaimana sih cara menyimpan Asi agar tetap steril? Anda jangan khawatir moms, karena pada artikel ini kami akan membahasnya untuk Anda semua. Yuk, simak lebih lanjut lagi.

Cara menyimpan Asi Agar Tetap Steril Dengan Benar

3 Cara Menyimpan Asi Agar Tetap Steril

Di bawah ini beberapa cara menyimpan Asi agar tetap steril dengan benar yang bisa Anda coba dan terapkan dirumah. Adapun cara menyimpan Asi agar tetap steril sebagai berikut ini :

Menjaga Alat Agar Steril

Ada kalanya dalam memerah susu keadaan alatnya haruslah steril, moms. Seperti Alat pompa, botol tempat penyimpanan Asi dan tangan Anda pun juga harus steril. Cara menyimpan Asi agar tetap steril ini memang terlalu ribet. Tapi ini sangat baik diterapkan, karena untuk menjaga Asi tetap steril saat dikonsumsi bayi Anda.

  2 Cara Menyimpan Asi Ibu Yang Benar dan Tepat

Memilih Botol atau Kemasan Yang Steril

Cara menyimpan Asi agar tetap steril selanjutnya adalah memilih botol maupun kemasan. Nah, untuk kemasan Anda bisa menggunakan botol plastik yang tebal dan kuat.disarankan untuk berbahan BPA. Dan jika Anda tidak menemukannya bisa menggunakan kemasan plastik yang khusus di gunakan untuk menyimpan Asi. Untuk botol kaca sangatlah tidak disarankan karena botol mudah pecah jika terlalu lama pada suhu yang sangat dingin, apalagi jika terjatuh juga mudah pecah.

Untuk mensterilkan keemasan seperti kemasan botol plastik maupun kantong. Anda bisa mensterilkan dengan mencelupkannya pada air yang telah mendidih. Diamkan kemasan tersebut selama 5 hingga 10 menit agar bakteri menghilang atau mati. Nah, setelah itu Anda bisa menggunakannya untuk menyimpan Asi.

  Cara Menyimpan Asi Hasil Pompa

Memilih Tempat Penyimpanan Yang Khusus

Cara menyimpan Asi agar tetap steril yang ketiga dengan memilih tempat penyimpanan Asi yang khusus. Misalnya menyimpan pada freezer, lemari es serta box pendingin. Nah, masing-masing tempat penyimpanan punya kelebihan sendiri dan mampu untuk menyimpan Asi dalam jangka waktu yang lama. Jadi  tempat penyimpanan mana yang akan Anda pilih?

Nah, bagaimana moms kali Anda mengerti bukan bagaimana cara menyimpan Asi agar tetap steril dengan benar? Memang untuk cara menyimpannya benar-benar harus steril dan berhati-hati. Hal ini dilakukan juga untuk buah hati Anda moms, untuk mendapatkan Asi yang steril dan kualitasnya baik terhindar dari bakteri.

Semoga dengan adanya artikel ini dapat berguna dan bermanfaat untuk Anda semua, moms. Sekian dan terima kasih. Selamat mencoba !

Ummi Hilma
Mau Konsul / Order / Tanya Tanya Pelancar ASI
Buat Bunda Yang Ingin Pesan Produknya silahkan Chat dengan Saya
🙂 SMS/ WA : 0853 1599 3116
🙂 PIN BB :
7CDCA301

Baca Juga