Bagaimana Manajemen Asi yang bisa dilakukan oleh Ibu Bekerja

Manajemen ASI Untuk Ibu BekerjaPada zaman modern saat ini tentunya sebagian wanita akan berkarir seperti halnya para pria. Hal ini pun tak luput membuat sebagian dari ibu menyusui lebih disibukkan dengan bekerja di luar rumah dibandingkan bersama bayinya berada di rumah. Dari hal ini tentunya banyak sekali para ibu yang tidak bisa manajemen asi agar bayi tetap mendapat asupan yang banyak. Tapi Anda jangan khawatir karena untuk masalah yang satu ini pasti terdapat solusi agar Anda mampu manajemen ASI dengan baik.

Para ibu menyusui yang sibuk bekerja akan memiliki beberapa pikiran yang mengganggu konsentrasinya saat bekerja. Baik itu kapan harus memberikan ASI perah yang baik atau pun bagaimana agar ASI yang telah diperah dapat tahan lama dan tidak basi. Karena hal itulah kami secara tidak langsung memberikan beberapa solusi bagi Anda yang ingin manajemen asi untuk ibu bekerja. Untuk ulasan singkat mengenai hal-hal tersebut agar dapat menyimaknya pada artikel berikut.

Manajemen ASI Untuk Ibu Bekerja Bagaimana Caranya

Manajemen Asi Untuk Ibu Bekerja

Di bawah ini kami akan mengulas informasi seputar bagaimana cara manajemen asi untuk ibu bekerja yang bisa dicoba. Adapun beberapa informasi mengenai cara manajemen Asi bagi ibu bekerja sebagai berikut:

Mengetahui Cara Memerah Asi Yang Benar

Cara melakukan manajemen ASI untuk ibu bekerja dengan baik tentunya Anda harus mengetahui terlebih dahulu bagaimana cara memerah ASI yang benar. Dalam memerah ASI ini anda harus benar-benar melakukannya secara steril. Baik itu dari alat-alat pompa, botol ASI, maupun tangan pun harus disterilkan terlebih dahulu. Untuk mensterilkan cukup mudah Anda hanya perlu merendam alat-alat pompa serta botol kaca pada air hangat maupun panas. Hal ini dilakukan agar bakteri maupun virus yang tertempel pada alat-alat tersebut bisa mati. Setelah itu tangan Anda pun harus di cuci sampai bersih dengan air yang mengalir. Baru Anda dapat melakukan memerah payudara secara perlahan dengan menggunakan pompa agar ASI dapat keluar. Dalam hal ini bagi ibu terlebih dahulu harus pada posisi yang nyaman agar saat memompa ASI bisa berjalan dengan baik dan tidak merasa kesakitan.

  Apakah Benar Asi Ibu Bisa Basi Dan Bagaimana Cara Mengatasinya

Melakukan Penyimpanan Agar Tetap Steril

Selanjutnya dalam manajemen ASI untuk ibu bekerja yang tepat Anda bisa melakukan penyimpanan ASI dengan benar agar tetap steril. Dalam hal ini pastikan Anda menyimpan ASI pada botol kaca atau kemasan khusus ASI di tempat yang steril. Namun sebelum itu diletakkan pada penyimpanannya Anda harus merendam terlebih dahulu botol tersebut di air hangat. Setelah itu Anda bisa memasukkan pada freezer namun dipastikan untuk Anda menggunakan kemasan khusus ASI. Karena biasanya bila diletakkan pada botol kaca botol tersebut akan mudah pecah karena terlalu lama di dalam freezer.

Setiap melakukan pemerahan ASI dan meletakkannya pada kemasan Anda harus menempelkan beberapa label keterangan seperti halnya tanggal ASI diperah. Hal ini dilakukan agar Anda tidak terlalu bingung untuk menggunakan Asi perah yang mana terlebih dahulu. Dan pastikan meletakkan ASI yang baru diperah bisa di bagian belakang terlebih dahulu agar ASI sebelumnya bisa digunakan dan tidak terlalu lama dalam freezer sehingga menjadi basi.

  Kapankah Asi Ibu Akan Keluar

Memanajemen ASI Agar Tahan Lama

Tahukah Anda ternyata ASI yang sebelumnya telah di berat dapat bertahan dengan lama? Namun untuk mencapai hal tersebut tentunya Anda harus memperhatikan suhu serta tempat yang digunakan untuk menyimpan ASI. Seperti halnya bila berada di suhu ruangan yang hangat ASI dapat bertahan hingga 4 jam. Sementara bila diletakkan pada kantong es atau box bisa mencapai 24 jam  Berbeda lagi bila Anda memasukkannya pada lemari pendingin atau freezer maka akan bertahan selama tiga hari hingga 4 harian.Bahkan bila Anda meletakkannya pada lemari pendingin di bawah minus 18 derajat Celcius ASI yang telah diperah dapat bertahan hingga mencapai 1 bulan hingga 4 bulan lamanya. Tetapi perlu diperkirakan lagi bila ASI terlalu lama kandungan nutrisi maupun vitamin akan menghilang.

Baca juga: Solusi Cara Mengatasi ASI Ibu Belum Keluar Setelah Melahirkan

Nah beberapa cara diatas merupakan salah satu cara manajemen ASI untuk ibu bekerja yang dapat dicoba. Semoga cara-cara diatas bisa membantu Anda untuk mengatur kapan asi bisa diberikan pada bayi Anda. Tentu sesibuk apapun anda melakukan pekerjaan setidaknya bayilah yang menjadi prioritas utama bagi ibu. Semoga artikel diatas bisa bermanfaat bagi Anda. Sekian dan terimakasih 🙂

Ummi Hilma
Mau Konsul / Order / Tanya Tanya Pelancar ASI
Buat Bunda Yang Ingin Pesan Produknya silahkan Chat dengan Saya
🙂 SMS/ WA : 0853 1599 3116
🙂 PIN BB :
7CDCA301

Baca Juga